Lebih Baik Mana Beli Mobil Bekas atau Baru?

Pada saat melakukan perencanaan untuk membeli mobil Anda pasti kebingungan karena harus beli mobil bekas atau baru. Mau bekas ataupun baru mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda dapat melakukan pertimbangan yang disesuaikan dengan kondisi keuangan pribadi.

Memang pada saat ini mobil menjadi kendaraan penting dan semua orang ingin memilikinya. Alasannya merupakan untuk membantu mobilitas sehari-hari pemilik. Bisa digunakan untuk pergi ke kantor ataupun dengan alasan bertamasya.

Tidak hanya untuk memudahkan mobilitas, memiliki kendaraan pribadi juga berarti mendapatkan kenyamanan. Berbeda dengan menggunakan transportasi umum, kendaraan pribadi lebih menunjang kenyamanan karena Anda dapat berbuat apa saja sesuka hati.

Sepeti yang Anda ketahui, harga mobil baru tahun ke tahun selalu naik. Hal ini membuat Anda pasti berpikir untuk membeli mobil bekas. Namun terkadang alasan budget selalu menjadi kendala untuk membeli barang baru.

Keraguan juga pasti Anda dapatkan ketika membeli mobil bekas, karena dapat saja tidak sesuai ekspektasi. Wajar saja karena pasti terdapat kekurangan dari segi fitur dalam kendaraan. Namun tidak perlu khawatir Kami sudah menyediakan informasi bermutu kepada Anda.

Beli Mobil Bekas atau Baru, Artikel berikut Beberapa Kelebihan Mobil Bekas

Pertama merupakan fitur dan kualitas, dengan biaya yang sama Anda akan memperoleh mobil dengan fitur dan kualitas lebih bagus. Contoh paling sering ditemui ada pada kendaraan LCGC (Low Cost Green Car). Kenyataanya LCGC sedang banyak digandrungi pada saat ini.

Pembeli lebih memilih LCGC baru dikarenakan harga dapat dijangkau. Meskipun begitu LCGC kurang dapat menjamin kenyamanan berkendara dan plat body dibuat dari plastik. Akibat dari plat body terbuat dari plastic menyebabkan kendaraan terkesan ringkih.

Dengan kisaran harga sebanding, membeli kendaraan bekas jauh lebih memberikan kualitas dan kenyamanan. Buang jauh-jauh rasa gengsi karena bukan itu yang terpenting. Memendam gengsi jauh lebih baik daripada harus berhutang.

Pertimbangan kedua untuk beli mobil bekas atau baru yaitu harga beli dan jual kembali (Resale Value). Dasar utama pembeli lebih membeli otomobil bekas merupakan harga lebih murah dibanding beli baru. Alasan kedua juga tidak kalah penting, apabila Anda melihat jauh ke depan otomobil baru mengalami penyusutan harga signifikan.

Penurunan harga dapat diperkirakan sebesar 20% pada tahun pertama pembelian. Berlanjut pada penyusutan pada tahun selanjutnya juga dapat lebih parah. Lebih baik terhindar dari kerugian daripada mendapatkan gengsi semata.

Ada juga kredit dan biaya perbulan lebih rendah. Itu dapat terjadi karena kalau membeli otomobil secara kredit harga cicilan lebih rendah dibanding beli anyar. Apabila kendaraan anyar umumnya biaya down payment dikeluarkan lebih besar. Dan premi asuransi bulanan pun lebih mahal.

Berbeda dengan membeli kendaraan lawas, tingkat bunga dari bank untuk kredit akan lebih murah dan terjangkau. Dengan biaya terjangkau, tentunya kredit perbulan menjadi lebih ringan dan dapat seuntukan untuk ditabung.

Terakhir, membeli kendaraan bekas membuat pajak bermotor yang dibebankan lebih murah dibanding memboyong mobil anyar. Besaran pajak akan sangat terasa ketika harga barang melebihi 500 juta keatas.

Simak Beberapa Keuntungan Membeli Mobil Baru

Mobil baru dalam benak orang pastilah identik dengan sebuah kendaraan tanpa cacat dan tidak adanya kerusakan akibat hasil pakai. Memang sangat menguntungkan karena dapat berkendara dengan gagah dan bangga.

Apabila Anda mau memiliki kendaraan anyar, dapat ditemukan pada dealer-dealer terdekat. Jaminan kualitas pasti didapatkan karena transportasi sudah diuji dalam tahap pemeriksaan ketat pada pabrik produsen.

Keuntungan pertama merupakan kepuasan karena segala fitur didalam mobil masih fresh belum pernah digunakan. Siapapun pasti akan merasa lebih senang ketika berkendara dengan kendaraan anyar. Sesuatu yang anyar akan mempengaruhi psikologis seseorang untuk lebih puas dan senang.

Hal menguntungkan lain merupakan ada garansi pada kendaraan anyar. Fasilitas servis gratis untuk beberapa kali dirasa cukup menguntungkan karena dapat menghemat biaya perawatan. Anda dapat langsung menanyakan secara detail mengenai servis gratis kepada dealer terdekat.

Kelebihan lain yaitu terdapat garansi pada kendaraan baru. Adanya garansi diberikan secara langsung dari produsen untuk otomobil anyar. Tentu saja ini menguntungkan karena terdapat jaminan pada garansi mesin, garansi bodi, garansi cuku cadang, dan biaya perbaikan gratis.

Jika masih bingung antara beli mobil bekas atau baru terdapat kelebihan terakhir dari membeli transportasi anyar. Kelebihan itu merupakan premi asuransi lebih terjangkau. Apabila dibandingkan dengan transportasi jadul, premi asuransi lebih murah diberikan pada otomobil anyar.

Jadi, Sebenarnya Lebih Baik Membeli yang Mana?

Setelah mempertimbangkan alasan-alasan diatas Anda seharusnya juga sudah dapat untuk menyimpulkan pilihan mana yang harus diambil. Tidak ada hal lebih utama daripada mempertimbangkan kondisi finansial dari masing-masing.

Tetap perlu diingat bahwa kebutuhan memiliki transportasi pribadi merupakan kebutuhan yang sekunder. Masih terdapat hal-hal primer yang perlu diprioritaskan konsumen sebelum mengambil keputusan. Hal primer seperti skamung, pangan, papan.

Membeli sebuah barang dengan potensi penyusutan tinggi merupakan kesia-siaan. Karena selain kurang menguntungkan, Kami sarankan untuk mengalihkan biaya yang dapat ditabung dari nilai penyusutan tersebut.

Jika gengsi dan sorotan publik hanya menjadi alasan itu tidaklah penting sama sekali. Tetaplah menjadi low profile, agar privasi dapat tetap terjaga dari sorotan masyarakat umum. Bukan kemudian berarti melarang memiliki transportasi anyar, tetapi Kami menganjurkan untuk memperhatikan hal primer terlebih dahulu.

Apabila Anda sudah memiliki kemapanan ekonomi berkecukupan, maka barulah dipersilakan untuk memboyong barang gress ke kediaman. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang beli mobil bekas atau baru kepada Anda pecinta otomotif.

 
Suka Baca
Suka Bacamengulas informasi menarik dan juga bacaan yang bermanfaat.