Masa Pandemi Kesempatan Berinvestasi Bagi Generasi Muda, Ini Bisnisnya!

Kesempatan berinvestasi untuk generasi muda sangat terbuka lebar. Pada dasarnya memiliki investasi merupakan tabungan sekaligus jaminan kesejahteraan di masa tua. Setiap orang tentu ingin hidup makmur, bebas hutang dan menikmati hari-hari pensiun dengan tenang. Maka harus dimulai dari sekarang ketika kondisi jasmani rohani masih prima.

Namun mindset yang selama ini terbangun merupakan masa muda masa untuk bersenang-senang. Masa mengeksplorasi hobby yang tidak selalu mendatangkan keuntungan. Tuntutan pergaulan dan gaya hidup lebih diutamakan. Orang cenderung malu apabila tidak mengikuti arus pergaulan yang sedang trend.

Akibatnya, anak muda jaman sekarang sulit menabung, memiliki rumah apalagi investasi. Hal utama yang dibeli ketika memiliki uang merupakan kebutuhan kesenangan. Gadget, nongkrong di cafe, kendaraan bermotor menjadi harus. Sedangkan tabungan jangka panjang untuk berjaga-jaga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan mulai dilupakan.

Masa muda merupakan kesempatan memaksimalkan potensi diri untuk tujuan kehidupan mendatang. Jangan sampai ketika memasuki masa tua justru beban hidup semakin berat. Tidak peduli apa yang sedang terjadi kesempatan berinvestasi di masa muda harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

Kesempatan Berinvestasi Bagi Generasi Muda

Saat ini anak muda di usia produktif dapat memaksimalkan pendapatan yang dimiliki untuk kebutuhan saving. Terlebih untuk yang belum berumah tangga. Masih lebih fleksibel dalam mengelola keuangan bulanan untuk digunakan memenuhi segala kebutuhan. Sehingga mereka lebih berpotensi menimbun banyak uang daripada orang yang berumah tangga.

Berinvestasi untuk generasi muda tidak terbatas waktu dan kondisi. Semua tergantung tekad untuk memiliki kehidupan di masa depan yang lebih sejahtera. Bahkan masa pandemi covid-19 yang berlangsung setahun terakhir ini tetap dapat dicari celah untuk mendapatkan keuntungan. Orang tidak lagi hanya bergantung pada gaji bulanan.

Sedikit waktu disela kesibukan pekerjaan kantor dapat dimanfaatkan untuk mengerjakan side job. Meski hasilnya tidak sebesar gaji kantor setiap bulannya tetapi dapat digunakan untuk kebutuhan tersier. Jadi meski terjadi pembatasan jam kerja dan pengurangan pendapatan seperti insentif, bonus dan sebagainya tetap dapat memiliki tabungan.

Dengan memiliki pendapatan dari sumber selain gaji akan lebih mudah merealisasikan impian. Berapa banyak anak muda yang memiliki kendaraan pribadi terbaru? Rumah impian di tengah kota? Liburan ke luar negeri atau perjalanan ibadah di usia muda? Semua mudah diwujudkan apabila sudah berinvestasi untuk generasi muda.

Maka dari itu sudah seharusnya apabila para milenial sekarang ini mulai membuka tabungan mandiri sejak dini. Sehingga mereka dapat memiliki banyak uang simpanan untuk memenuhi kebutuhan pribadi sekaligus keinginannya tanpa harus merepotkan orang tua di rumah.

Bisnis Sampingan Bisa Menjadi Investasi

Generasi milenial terkenal dengan gaya hidup modern yang cenderung konsumtif. Seuntukan orang tidak dapat menabung karena gaji bulanan habis untuk kebutuhan sehari-hari termasuk keperluan hiburan. Perlu pengelolaan penghasilan bulanan agar tetap memiliki sisa uang untuk diinvestasikan. Agar lebih mudah, memulai bisnis sampingan menjadi solusi.

Bisnis apa yang dapat dilakukan pekerja kantoran di masa pandemi seperti saat ini? Tidak perlu memikirkan bisnis besar dulu. Mulai saja dari yang ada misalnya menjadi reseller produk kosmetik dan fashion. Bisnis online ini akan menjadi kesempatan berinvestasi untuk generasi muda dalam jangka panjang.

Mulai dari reseller yang bekerja online di sela kesibukan kantor, apabila ditekuni dapat menjadi sumber pendapatan melebihi gaji kantor. Dalam jangka panjang bisnis online seperti ini dapat menjadi pasif income menjanapabilan. Tidak perlu lagi bekerja dari pagi hingga sore hari di kantor untuk mendapatkan penghasilan bulanan.

Pembatasan aktivitas masyarakat menyebabkan berbagai bisnis retail ambruk. Tenggelam di antara bisnis online untuk produk serupa. Maka meskipun bisnis online hanya sebagai reseller merupakan peluang menjanapabilan. Tidak hanya itu bisnis sampingan yang dirintis pada masa sulit seperti sekarang ini dapat diwariskan ke anak cucu.

Sehingga hal tersebut akan membantu anak cucu yang belum memiliki pengalaman dalam berbisnis, akhirnya mata dan pikirannya terbuka lebih lebar. Karena anak cucu yang mungkin mulanya tidak pernah berpikir tentang bagaimana caranya bertahan hidup, mereka dapat menjadi lebih dewasa dalam mencari uang.

Pentingnya Memulai Investasi Jangka Pendek

Meski mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi usahakan untuk tetap memiliki investasi jangka pendek. Menabung merupakan contoh investasi jangka pendek paling mudah. Bisa dalam bentuk tabungan umum maupun tabungan berjangka. Kesampingkan dulu kebutuhan yang tidak mendesak seperti pakaian, gadget dan gaya hidup.

Anjuran pemerintah untuk tetap di rumah saja merupakan kesempatan berhemat. Tidak perlu mengeluarkan uang untuk kebutuhan hiburan di luar seperti nonton film dan rekreasi. Jadi alokasi dana untuk kebutuhan ini dapat disimpan atau diinvestasikan dalam bentuk lain. Sehingga dapat dimanfaatkan ketika terjadi kebutuhan mendadak.

Kesempatan berinvestasi untuk generasi muda lebih efektif dilakukan dalam kondisi seperti ini. Hitung saja apabila 20% dari gaji bulanan dialokasikan untuk kebutuhan hiburan, dalam setahun hasilnya sudah cukup besar. Dana itu menguap tanpa ada sisa. Jika dana tersebut ditabung pertambahan nilai dari bunga juga menggiurkan.

Maka dari itu sudah seharusnya melakukan investasi jangka pendek sejak dini. Sehingga hal tersebut dapat membantu perekonomian ketika sedang tidak stabil seperti di masa pandemi sekarang ini. Cara ini jauh lebih efektif memberikan keuntungan daripada hanya menghabiskan uang untuk memenuhi kebutuhan konsumtif.

Perekonomian yang sempat terpuruk karena pandemi menyebabkan harga kebutuhan barang pokok meningkat termasuk bahan pangan. Hal ini justru dapat menjadi kesempatan berinvestasi untuk generasi muda khususnya di bidang pertanian. Manfaatkan area pekarangan rumah untuk menanam berbagai jenis sayuran atau buah-buahan.

Pentingnya Memiliki Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang penting dimiliki tidak hanya generasi muda. Memiliki tabungan jangka panjang menghadirkan ketenangan, menjauhkan risiko memiliki hutang. Untuk generasi muda harus sudah memikirkan masa depan keturunan. Kebutuhan hunian, kendaraan pribadi, kesehatan, pendidikan anak perlu dipikirkan.

Kesempatan berinvestasi untuk generasi muda dapat dimulai dari jangka pendek terlebih dahulu. Mulai dari memiliki tabungan berjangka, kemudian investasi saham, investasi properti dan seterusnya. Maka dari nominal tabungan yang kecil apabila fokus mengelolanya akan menjadi besar. Tidak terasa berat namun dapat dinikmati di hari tua.

Tidak hanya melakukan investasi jangka pendek saja. Namun para generasi milenial juga dapat mencoba bentuk investasi yang lainnya. Jadi hal tersebut dapat disesuaikan dengan kemampuan masing-masing pihak. Supaya kegiatan yang dilakukan tersebut dianggap tidak memberatkan.

Namun meski begitu, berinvestasi untuk generasi muda sebaiknya tidak dianggap enteng. Bisa jadi 5 atau 10 tahun kedepan kondisi perekonomian kembali tidak stabil. Di mana kita tahu hanya orang-orang dengan taraf hidup mapan dapat bertahan. Mengantisipasi hal-hal buruk di masa depan harus dimulai dari sekarang.

Tanah dan properti merupakan contoh investasi jangka panjang yang paling banyak dimiliki masyarakat. Dan benar adanya bahwa rumah, bangunan dan tanah setiap tahun selalu mengalami peningkatan nilai. Maka tidak ada ruginya penghasilan bulanan dari gaji dialihkan untuk membeli tanah atau properti.

Perhatikan Tren Investasi Logam Mulia

Ingin mencoba investasi jangka panjang namun dana masih terbatas? Coba investasikan seuntukan gaji bulanan untuk membeli logam mulia. Investasi emas atau logam mulia semakin menjadi tren di masa pandemi saat ini. Berbagai kalangan masyarakat ramai-ramai membeli logam mulia dengan cara mencicil.

Jika diperhatikan beberapa tahun kebelakang harga emas 1 gram hanya beberapa puluh ribu rupiah saja. Namun kini dapat mencapai ratusan ribu rupiah. Tren harga emas murni selalu mengalami kenaikan. Hal ini dapat dijadikan sebagai kesempatan berinvestasi untuk generasi muda.

Berinvestasi logam mulia tidak memberatkan namun dalam jangka panjang nilainya pasti berlipat. Menariknya lagi, memiliki logam mulia cukup aman. Lebih privasi dan tidak membutuhkan perawatan yang memakan banyak biaya. Karena bentuknya kecil, logam mulia dapat disimpan dengan mudah dan aman.

Selain itu, bisnis ini juga dapat dicairkan kapan saja ketika seseorang membutuhkan dana cepat. Maka dari itu tidak heran apabila banyak orang memilihnya sebagai salah satu bentuk investasi yang cocok sekali di masa pandemi seperti saat ini.

Seperti yang diketahui setiap waktu kondisi perekonomian dapat saja berubah tanpa terprediksi sebelumnya. Daripada panik karena sendi perekonomian mendadak lumpuh, sebaiknya mulai berpikir untuk memiliki investasi. Kesempatan berinvestasi untuk generasi muda selalu terbuka setiap waktu namun semakin dini memanfaatkan momentum semakin baik hasilnya.

 
Suka Baca
Suka Bacamengulas informasi menarik dan juga bacaan yang bermanfaat.